Selera Makanan Versi Saya.

Setiap orang memiliki makanan kesukaan sesuai seleranya masing-masing. Ada yang suka makanan dari asal daerahnya, namun tak jarang pula ada yg lebih menyukai masakan dari luar negaranya. Ada yang suka makanan cepat saji, tapi ada pula yang rela menunggu untuk dapat menyantap makanannya itu sendiri. Pedas atau tidaknya, manis atau tidak nya, asin atau tidak nya, gurih atau tidak nya, pun hingga menarik atau tidak nya sajian dari suatu makanan itu mempengaruhi perasaan ‘suka’ dari seseorang terhadap makanan yang dipilih untuk disukai dan disantapnya. Ya, setiap orang memiliki kriteria selera kesukaannya masing-masing, dan hal itu pun tidak jauh berbeda dengan selera yang saya gunakan dalam menyukai suatu makanan yang saya konsumsi tentunya.

Jika saya ditanya, makanan apa yang saya sukai?, maka saya tidak bisa menjawab. Hal itu disebabkan oleh kebingungan yang saya alami untuk menyebutkan jenis makanan apa yang saya sukai karena jumlahnya yg banyak dan bervariasi, serta karna tak pernah menspesialkan suatu pilihan makanan (kecuali soal pilihan hati dan perasaan, hehe). Nah, namun jika saya ditanya, kenapa saya menyukai makanan itu?, Saya pasti akan menjawab dengan sangat yakin, bahwa saya menyukai suatu makanan dikarenakan makanan yang saya konsumsi itu sesuai dengan selera rasa yang saya inginkan; tidak manis-asin-pedas-overcook dan porsi yang lebih didominasi oleh sayuran. Lagi-lagi jangan tanya nama makanannya apa, karena saya pemakan segala asal syarat yang tadi itu terpenuhi. Saya akan dengan sangat rela-nrimo-legowo untuk menyantap makanan yang tak terlalu kuat rasanya, alias hambar; tak berasa – tak jelas rasanya bagaimana. Ya, saya akan lebih diam menikmati dengan tanpa berkomentar sama sekali terkait makanan yang saya konsumsi. Hal ini dikarenakan saya sedang melatihan indra pengecap (re: lidah) saya itu untuk terbiasa dengan makanan yang tidak manis-asin-pedas-umami, juga karena keinginan untuk tidak memberatkan kerja dari saluran pencernaan yang ada di tubuh saya ini, pun didukung oleh ketidakmauan akan rasa bersalah yang akan menghantui pikiran saya jika mengkonsumsi makanan yang rasanya terlalu kuat dan juga tidak sehat tentunya. Jadi wajar apabila saya malah berkomentar “ini asin/manis banget” ketika disodorkan sepiring makanan atau segelas minuman yang tengah saya makan. Ah, mungkin pada intinya saya ini seseorang yang terlalu rewel-pemilih akan suatu makanan saja ya?. 

Jika memang benar saya lebih dianggap sebagai seseorang yang seperti itu, maka saya pasti akan berterima kasih karena hidup saya mungkin akan lebih beruntung-terjaga karena hal itu. Kenapa? Karena saya memiliki alasan-dasar saat bertindak atau melakukan sesuatu, termasuk saat lebih memilih menyukai makanan dengan rasa yang hambar-hambar saja itu. Saya berlatih untuk menikmati gaya hidup sehat melalui salah satu caranya dengan pilihan makanan yang saya konsumsi ini agar harapannya kesehatan saya selalu terjaga dengan baik hingga saya tua nanti. Saya tidak ingin apa yang saya konsumsi atau yang menjadi pilihan gaya hidup saya sekarang ini menjadi penyebab buruknya kesehatan ketika kelak saya menjadi seorang nenek yang sudah tua renta. Jantung koroner, diabetes, kanker, tekanan darah tinggi adalah jenis penyakit yang sungguh saya khawatirkan sekali dan ingin saya hindari selain jenis penyakit berat lainnya yang biasa menyerang mereka yang sudah lanjut usia. Maka dari itu, hal ini lah yang amat sangat saya perhatikan dalam memilih makanan yang saya sukai untuk dikonsumsi. Bukan enak, mahal, berkelas atau karena engsi nya, tapi sehat dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh saya nanti. Karena menjaga kesehatan adalah kunci utama untuk menikmati hidup, kan?. 

Karena makanan yang enak belum tentu dianggap sebagai makanan sehat.

ps: nah, jadi mending ngemil mie instan atau buah naga? Kalau saya sih pasti pilih buah naga ( juga si Indomie goreng rasa ayam bawang kalau pas tanggal 24 di jadwal cheating day nya hehe). Jangan lupa cheating kalau bukan dalam urusan perasaan, eh 😁

Leave a Reply

