Sepak Bola.

Dulu, saya ga tahu kenapa banyak orang (khususnya kaum adam) amat senang menonton tayangan sepak bola, entah itu menonton secara langsung di stadion atau melalui layar kaca. Pikiran saya amat sempit, kenapa hanya sepak bola yang banyak sekali penonton-pendukungnya. Gak masuk akal.

Sekarang, saya tahu kenapa sepak bola dapat dengan mudah disukai-disenangi-digilai oleh penonton. Saya tahu kenapa orang rela bangun tengah malam atau hingga bahkan pagi buta hanya untuk menonton tayangan sepak bola yang isinya ‘hanya mengejar-ngejar bola’ saja. Saya tahu bagaimana rasanya sensasi dag-dig-dug-der yang diperoleh selama 90 menit menonton dua puluh dua orang berkejaran di lapangan untuk saling memasukan bola ke gawang lawannya. Saya tahu, walau itu hanya sedikit saja. Saya pakai hati agar bisa ngerti.

source: twitter @unitedindonesia

Terima kasih untuk semua para pemain Timnas Indonesia dan segala pihak yang mendukungnya selama ini di setiap laga. Do’a saya gak akan muluk-muluk, semoga lancar jaya dan (Allah merestui untuk jadi) juara di final #AFFSuzukiCup nya ya. Kedepannya, jangan lupa untuk menjadi lebih baik lagi dengan kualitas pemain yang semakin berkelas, serta terus berjaya  hingga melebarkan sayapnya melewati daratan Asia. 

ps: Saya gak tahu tentang bagaimana aturan selama pertandingan sepak bola. Saya hanya tahu bahwa sepak bola bisa menyatukan orang banyak: menjadi pendukung untuk tim yang dijagokannya. Saya tahu bahwa sepak bola adalah jenis olahraga yang amat merakyat dan yang dicintai oleh orang banyak.

Kita tidak butuh satu atau hingga berjuta alasan hanya untuk menyukai suatu hal. Karena kadang logika tak bisa semengerti hati. 


Ditulis ©Juli saat selesai menyimak lag kedua Indonesia vs Vietnam, 7 Desember 2016. 

Leave a Reply

