Tanya.

Masihkah kita harus bersengketa

ketika hari hampir habis

dan doa menjadi ritus ala kadarnya?

Sementara daun-daun tak sekalipun

menebak ke mana angin akan meniupnya.

Seperti kita manusia

yang amat kecil di hadapan rahasia,

yang tak sepenuhnya berkuasa

atas jatuh-bangun kita.

-Adimas Immanuel, Di Hadapan Rahasia

Sebaris sajak ini adalah kumpulan kata yang pertama kali lagi saya baca setelah seorang kawan bertanya pada saya, “Jul, apa yang sedang kamu baca?”. Pertanyaannya yang sederhana adalah tamparan keras buat saya. Saya sadar beberapa waktu belakangan ini saya sedang tidak membaca apa pun. Tidak membaca hal yang memperkaya pengetahuan saya. Ah, tidak. Jika yang memperkaya pengetahuan saya itu hanya berkaitan dengan sastra, lantas bagaimana dengan nasibnya artikel-artikel kesehatan yang tidak membutuhkan banyak energi untuk membaca-mencernanya?. Saya membaca beberapa hal, tapi tidak yang berkaitan dengan sastra.

Tamparan keras yang amat ‘ngena’ itu, membuat saya bangun dari tidur pula. Saya sudah lama tidak menyentuh tumpukan buku-buku yang berjejer di lemari di pojokan kamar tidur kosan ataupun yang berjejalan dalam box di kamar tidur rumah. Masih banyak buku yang baru saya beli karena lapar mata tapi saya malah tidak menyentuhnya sama sekali. Mungkin inilah pertanda bahwa saya harus sesegera mungkin kembali menyantap hidangan kata yang sudah tersedia sejak lama. Hasrat saya berkata, “Ayo kita bertemu lagi dengan sastra dan tanpa mengabaikan yang lainnya”.

ps: terima kasih @desisaka yang sudah menyadarkan saya. Semoga nanti kita berkesempatan untuk membahas betapa malang dan menyedihkannya New York dalam ingatan seorang Rangga.

Leave a Reply

