SA.YA

Menurut KBBI, saya (sa.ya) adalah orang yang berbicara atau menulis. Saya atau aku, adalah kata ganti yang digunakan dan mengacu pada diri sendiri. Saya, Yuli Hasmaliah binti Sahiri. Saya memiliki banyak nama panggilan. Apabila di rumah, saya terbiasa dipanggil dengan nama kecil saya, Uli-Ulil. Semasa sekolah menengah sampai jaman kuliah, bahkan hingga sekarang saya sering dipanggil dengan sebutan Yi oleh teman-teman. Namun sahabat atau teman dekat saya lebih sering memanggil saya dengan sebutan Juli, Juki, Julayur, Panjul, Julimin, hingga ke Juminten.

Saya lahir dari rahim seorang ibu bernama Entin Hasanah dan bapak Sahiri. Saya berjenis kelamin perempuan. Saya anak  terakhir, bungsu, dan memiliki lima saudara laki-laki. Ya, di keluarga saya adalah sosok perempuan kedua setelah ibu saya. Saya lahir 5 Juli 1992, hari Minggu setelah adzan subuh berkumandang atau sekitat jam lima pagi. Sekarang saya sudah berusia 24 tahun 52 hari. Saya bergolongan darah O. Saya seorang extrovert yang juga cenderung introvert. Tinggi badan saya 165 cm, berat badan saya 42, dan Index Masa Tubuh saya kurang dari batas ideal, alias kurus. Saya memiliki warna kulit sawo matang yang cenderung gelap. Saya berambut hitam lurus sebahu yang sejak masa sekolah putih biru sudah rapi tak terlihat oleh jilbab. Kornea mata saya berwarna coklat gelap yang terlihat lebih kehitam-hitaman. Saya memiliki alis mata yang tebal sehingga saya tidak butuh pensil alis yang digunakan kaum hawa untuk menebalkan alisnya. Akan tetapi, kelopak mata saya tidak begitu besar, alias sipit, jadi apabila saya senyum hingga bahkan tertawa yang terlihat hanyalah garis lurus yang dihasilkan dari tertutupnya mata saya. Hidung saya tidak semancung kakak lelaki saya yang kelima. Bibir saya berwarna hitam tebal, bukan karena merokok, tapi sudah bawaan dari sananya. Tulang pipi saya tinggi dan jelas, dan kalau kata orang mah itu bagus katanya.

Bentuk tubuh saya itu lurus-lurus saja dan terlihat tidak punya pinggang akibat kurus-tingginya tubuh saya. Saya cocok menggunakan baju dengan model peplum atau yang putus di bagian dada. M adalah ukuran baju yang biasa saya gunakan. Dulu saya menggunakan celana (jeans, jogger, kerja, etc) yang (kalau tidak salah) berukuran 42, sekarang sih saya hampir mau tiga tahun sudah tidak memakai celana dan menggantikannya dengan rok yang lebih banyak saya jahit sendiri. Lebih dari dua tahun yang lalu saya sudah berkomitmen untuk memakai rok dan sediki demi sedikit hijrah ke gaya hidup yang lebih syari, walopun hingga sekarang masih banyak yang harus saya perbaiki. Saya biasa menggunakan sepatu-sandal yang berukuran antara nomor 39 atau 40, dan kadang-kadang bisa juga nomor 38. Saya memiliki telapak kaki yang panjang, jadi jika saya menggunakan sandal-sepatu dengan high heels itu akan terlihat cantik, katanya.

Sejak kecil saya sering sakit flu, dan yang paling parah itu sakit tifus selama satu minggu. Saya makan dengan porsi yang banyak namun tetap saja kurus. Saya tipe night owl alias tukang tidur lebih larut yang lebih suka begadang, sekarang sedang belajar untuk merubah kebiasaan menjadi early bird agar bisa lebih semangat bangun tidurnya lebih awal. Saya tidak terlalu suka menonton televisi/film jika tidak ada temannya. Saya lebih suka menghabiskan waktu saya untuk mendekam di dalam kamar sendirian, membaca buku, membuat sesuatu prakarya-hal sesuai keinginan dan mood saya, memasak-membuat kue cemilan dan lain sebagainya. Saya suka menjelajah, jalan kaki jalan-jalan mengeksplore suatu tempat, menikmati pemandangan alam dan mengambil gambar orang lain. Saya suka jika hasil karya yang saya ambil atau saya ciptakan bisa dinikmati dan diapresiasi oleh orang lain.

Saya suka mendengarkan lagu-lagu lawas dan indie records yang cita rasa lagunya amat kontras berbeda dengan lagu-lagu hits yang lebih banyak disukai kawla muda hingga anak alay pada umumnya. Saya suka menjadi yang berbeda, sendirian atau bersama orang-orang yang membuat saya nyaman, dan tidak menjadi pusat perhatian orang lain atau khalayak ramai. Saya bukan anti sosial, saya hanya seorang pemilih dan berhati-hati dan lebih suka memperhatikan ketika berinteraksi dengan orang lain. Saya takut apabila saya salah dalam bersikap-berbicara terhadap orang lain. Mengunderestimate kemampuan diri sendiri adalah salah satu kelemahan saya. Saya mudah menangis. Saya cengeng. Saya akan menangis apabila saya sedang mengekspresikan kemarahan saya. Saya akan diam dingin membisu tak ingin berkata-kata jika saya sedang marah. Saya lebih suka memendam gejolak perasaan saya dan apabila saya sudah tidak kuat menahan hal tersebut maka saya akan mengeluarkannya dalam bentuk tangisan. Saya memang anak cengeng. Jika saya sedang bahagia atau saya exci terhadap suatu hal maka saya bisa bersikap layaknya seorang anak kecil yang manja dan nada suara saya akan terasa berubah seperti sebuah rengekan. Saya akan sangat tampak terlihat riang gembira dan sangat bersemangat sekali jika saya tengah memperoleh mood yang bagus, dan sebaliknya. Jika saya mempunyai suatu keinginan, maka saya akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan keinginan tersebut. Saya sangat amat fokus pada tujuan saya dan bagaimana cara saya dalam mewujudkannya. Saya seorang visioner.

*ps: Saya bingung mau nulis apa lagi. Nanti setelah dapat ilham akan saya lanjutkan lagi, eh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s