The Alchemist.

The Alchemist, salah satu karya mega best seller dari penulis Brazil, Paulo Coelho.

the-alchemist
Sumber: mesin pencari Google.com

Great ! Amazing ! Keren !
Saya bingung harus mengungkapkan dengan ungkapan apa lagi soal buku ini. Kenapa begitu? karena memang buku ini lah yang menurut saya salah satu buku yang mampu memenangkan hati dan pikiran saya juga, eeeaaa..

Maktub !
Itu adalah salah satu ungkapan yang sangat saya ingat dan saya dapatkan dari buku ini. Buku ini adalah buku pertama sekaligus buku terbaik yang pernah dia tulis (jika dibandingkan dengan karya-karyanya yang lain, saya memang lebih memilih The Alchemist sih sebagai jawaranya).

Nah, kenapa saya sampai bisa jatuh cinta hingga tergila-gila dengan buku ini?

Pertama. Buku ini bukan hanya sekedar tentang buku motivasi. Buku ini berbeda dengan buku-buku motivasi yang banyak terjejer rapi di rak toko buku, serius. Bedanya karena buku ini adalah buku yang menyajikan cerita fiksi, tidak berasal dari kisah nyata yang lebih banyak dijadikan sebagai bahan penulisan dalam buku-buku motivasi. Jika buku ini sama seperti buku-buku motivasi yang lainnya, entah saya bisa atau tidak menghabiskannya karena saya merasa kurang berminat apabila harus membaca buku motivasi seperti itu.

Motivasi yang saya temukan dalam buku ini memang cukup sederhana, yaitu bagaimana kita menyikapi dalam menghadapi mimpi impian yang kita buat. Bagaimana kita harus percaya terhadap apa yang kita jadikan dambaan/keinginan/mimpi kita sendiri. Bagaimana keras usaha kita dalam memperjuangkan impian kita tersebut. Hanya itu. Namun, Paulo Coelho dengan sangat piawai dapat menghipnotis kalian dengan rangkaian kata yang tersaji di setiap halaman dari lembaran buku tersebut.

Kedua. Bagi kalian yang suka berimajinasi, nah, maka jatuh cintalah kalian dengan buku ini. Dengan buku ini kalian akan dibawa untuk berimajinasi menghadapi kehidupan yang amat cepat mengalami perubahan. Hidup sebagai seorang penggembala, lalu disuguhi mimpi yang pada akhirnya membuat kita melanglangbuana, pergi dari daratan Eropa menuju Mesir hanya untuk menemukan dan memperjuangkan sebuah mimpi yang menurut orang lain adalah suatu kemustahilan. Terbayang dengan jelas kan bagaimana jauhnya perjalanan yang harus dilewati? kalau mau tanya ini mimpinya penggembala tentang apa, mending baca bukunya aja.. karna di sana kita pasti akan menemukan quotes ajaib yang mengubah mempengaruhi, menghipnotis dan tentu selalu menyemangati kita, orang-orang yang suka bermimpi dan memperjuangan mimpinya hingga berhasil.

And, when you want something, all the universe conspire in helping you to achieve it.

 

Ketiga.  Buat kalian yang suka takut ngambil keputusan (saya termasuk juga sih hehe), buku ini bisa dijadiin obatnya. Kenapa? karna di buku ini kita belajar jujur sama hati kita sendiri, serius. Jujur untuk mendengarkan kata hati kita sehingga kita bisa tau mana yang mau kita pilih. Kita dituntun untuk berkomunikasi lebih dalam dengan hati kita. Karna berbeda dengan mulut, hati kecil kita itu tidak bisa bohong. Benar begitu bukan?

Nah, menurut saya sih seperti itulah beberapa alasan kenapa saya terlihat sangat antusias untuk merekomendasikan salah satu buku terbaik apa yang wajib dibaca (*versi saya hehe).

Saya adalah tipikal pemilih dalam membaca, pemilih pula dalam karya-karya penulis siapa saja yang mau saya baca. Tapi Paulo Coelho ini memang membuat saya jatuh cinta pada pandangan pertama (agak terasa lebay memang, namun begitulah). Saya merasa beruntung ketika jaman dulu (sekitar tahun 2008, ketika kekas XI SMA) Guru Bahasa Inggris saya merekomendasi buku ini untuk saya baca, karena beliau tahu bahwa saya suka membaca. Pada awal masa pencarian buku ini memang terasa menyulitkan, butuh dua tahun untuk menemukannya. Maklum, saya tinggal di kampung, tidak ada toko buku apalagi menginjakan kaki di toko buku besar seperti Gramedia yang katanya terlengkap dalam penyediaan buku se-Indonesia (walau untuk buku-buku lawas sebenarnya agak susah di cari di toko buku ini). Beruntunglah ketika masa awal masuk dunia perkuliahan saya bisa merantau pergi ke kota yang sangat lebih besar hehe.

The Alchemist ini menurut saya selain enak untuk dibaca, dapat pula dijadikan sebagai hadiah untuk sahabat, kerabat, saudara, teman dan/atau bahkan pasangan (entah pasangan hidup atau pasangan sementara, eh). Dan hal penting yang perlu diingat adalah, tanyakan terlebih dahulu apa minat atau jenis bacaan yang disukai oleh si penerima hadiah sebelum kalian memberikannya. Karna kalau ternyata minat/jenis kesukaan bukunya itu berbeda, yaaaaa.. berdo’a sajalah yang banyak agar semoga nanti si penerima mau membacanya. Karena lebih baik diterima walau tidak dibaca, dibandingkan tidak diterima sama sekali bukan (?)  ups! cmiiiww~

Advertisements

One thought on “The Alchemist.

  1. buku motivasi favoritku juga se-minimax buku ini… hanya saja bukan paulo coelho bukan pula penulis populer… tapi yah, aq pribadi merasa rugi membeli buku ini dalam bahasa indonesia… ternyata buruk sekali terjemahannya… dan sempat sih agak penasaran dengan versi aslinya… tapi yah, selama buku satu lagi yang kusuka tadi masih ada di sudut mataku, sukar untuk antusias sekali mencari buku ini ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s